Resume Buku Sejarah Peradaban Islam

Resume Buku
Judul Buku                              : Sejarah Peradaban Islam
Pengarang                               : Dedi Supriyadi, M.Ag
Penerbit                                   : Pustaka Setia Bandung
Tahun Terbit                            : 2008
Tempat Terbit                          : Bandung
Tebal Buku dan Halaman       : 336 halaman.
ISBN                                       : 979-730-928-2
Bab 7
Islam di Andalusia Spanyol
Pada  pendahuluan bab ini, menceritakan simpulan penulis tentang keadaan sebelum islam masuk ke spanyol. Dengan menggambarkan keadaan yang rata – rata pada saat itu banyak warga spanyol yang beragama Kristen. Pada awal abad ke-8 masehi, para pendatang baru berdatangan kedaratan eropa (spanyol). Pendatang tersebut adalah bangsa arab yang membawa agama islam. Pada saat pemerintahan bani umayyah yang dipimpin oleh Thariq bin Ziyad, bangsa spanyol sudah enjadi wilayah kekuasaan islam.
Pada sub bahasan yang pertama, yaitu bahasan mengenai sejarah singkat penguasaan islam atas spanyol diceritakan bahwa pada awalnya islam tidak langsung bisa menguasai bangsa spanyol agar menjadi wilayah kekuasaanya. Tetapi, terlebih dahulu islam menguasai afrika selatan dengan tujuan melakukan kegiatan ekspedisi (pengiriman barang dagangan) ke daerah spanyol. Penguasaan afrika selatan sepenuhnya terjadi pada zahan Khalifah Abdul Malik (685-705 masehi). Saat itu islam dibantu oleh afrika dengan meluncurkan pasukan tentara ke spanyol agar bisa dengan mudah melumpuhkan spanyol dan menjadikan spanyol sebagai wilayah islam.
Ketika itu, pemimpin spayol Rodewick mengetahui bahwa tentara afrika selatan sudah sampai di spanyol dengan niatan tersebut, maka Rodewick melawan pasukan tentara afrika dengan mengeluarkan pasukan tentaranya untuk melawan afrika. Ketika afrika tau, afrika meminta tambahan pasukan kepada Musa bin Nusyair (pemimpin afrika) untuk segera mengirim tambahan pasukan. Akhirnya Rodewick kalah dan spanyol dapat dijadikan sebagai wilayah kekuasaan islam yang menjadikan Cordova sebagai ibukota pemerintahan islam pada saat itu.
Pada saat islam sudah menjadikan spanyol sebgai wilayah kekuasaannya, banyak ilmuwan – ilmuwan muslim yang muncul dari sana. Diantara dibidang filsafat ada Abu Bakar Ibn Thufail, Ibn Maimun, Sulaiman Ibn Yahya, dan Ibn Rusyd. Dibidang sains ada Ar – Razi (fisika), Abbas Ibn Farmas atau lebih dikenal Ibrahim Ibn Yahya An- Naqqosh dan Zahrawi (kedokteran). Pada bidang bahsa satra dan musik, ada Al – Qah. Dalam bidang seni, indikasi kemajuannya adalah berdirinya sekolah music Cordova oleh Zaryab. Sekolah tersebut menjadi model sekolah musik bagi sekolah musik lain yang baru bermunculan. Dalam bidang sejarah dan geografi, ada Zubair, Ibn Al-Khathib dan Ibn Khaldun. Dan pada bidng Fiqh lahirlah ilmuwan yang sangat terkenal dn termasyhur yaitu Ibn Rusyd yang kitab karyanya yaitu Bid ayatul Mujtah id yang masih menjadi salah satu rujukan dalam lapangan hukum islam sampai saat ini.

By        : Agustin Widyastuti Rhodiah

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment